Jumat, 24 Oktober 2014

TO DO GOOD



Hai saudara2ku yang kekasih dalam Tuhan Yesus. Mari sama2 diberkati dengan renungan berikut.
Roma 7:19-26
"Sebab bukan apa yang kukehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki yaitu yang jahat, yang aku perbuat"

Manusia yang telah mengenal Tuhan dan yang telah hidup dalam kasih karuniaNya pasti selalu ingin melakukan hal yang baik dan yang sesuai dengan ketetapan2 Allah, namun seringkali apa yang terjadi? Saat datang berbagai macam godaan untuk melakukan sesuatu yang kita tahu bahwa itu bertentangan dengan kehendak Tuhan, kadang diri kita masih saja bisa terjatuh dalam dosa tersebut. Ya...pada dasarnya kita ini masih manusia, yang terdiri dari darah dan daging. Tidak ada yang namanya, " otot kawat tulang besi".
Hal ini sama seperti yang dikatakan oleh Paulus, " aku memiliki keinginan tapi aku tidak dapat melaksanakannya, aku memutuskan untuk melakukan hal yang baik tapi aku tidak benar2 melakukannya. Aku memutuskan untuk tidak melakukan hal yang buruk namun ternyata aku tetap melakukannya. Keputusanku tidak menghasilkan sebuah tindakan. Hal ini berulangkali terjadi. Tiap kali aku ingin melakukan hal yang baik, dosa selalu membuatku tersandung. Aku memiliki keinginan untuk melakukan perintah Tuhan namun tidak semua bagian dari diriku menginginkannya".
Jikalau memang begitu keadaannya, lalu apa yang harus kita lakukan?
Di ayat selanjutnya, Paulus mengatakan agar kita senantiasa hidup di dalam Roh dan dengan demikian RohNya akan mengambil alih seluruh keberadaan hidup kita. Kita harus menyerahkan diri dalam setiap keadaan yang pada akhirnya akan menghasilkan pemisahan antara daging dan roh.
Kita memang memiliki kelemahan karena kita hanya manusia, akan tetapi jika kita melekat kepada Tuhan dan terus-menerus membiarkan RohNya mengambil alih hidup kita, maka percayalah bahwa Tuhan akan senantiasa menjaga kita agar kita tidak lagi mudah untuk jatuh dalam kesalahan dan dosa.

Tuhan Yesus Memberkati saudara dan saya. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang ENTENG kenapa memilih yang BERAT Bagaimana cara kita supaya bisa berada dalam situasi hidup yang tidak memiliki beban berat? J...